#test #test

Indonesia's One Stop Dance Information Portal

Jazz Workshop by ADAPT Indonesia

ADAPT adalah syllabus buah pemikiran pasangan suami istri dancer Brian dan Faye Foley . Syllabus yang sudah sukses mencetak dancer-dancer luar biasa di Canada dan US ini, akhirnya bisa dicicipi oleh dancer Indonesia. Adalah pasangan Michael Kurniawan dan Angelique Arlianty yang dengan sepenuh hati berhasil memboyong syllabus ini ke Indonesia.

ADAPT mengajarkan 4 style dance antara lain jazz, ballet, tap serta Acro-dance. Melalui workshop tanggal 16 Maret , diharapkan ADAPT bisa dikenal oleh studio dance Indonesia.  Di workshop kali ini kelas yang dibuka hanya Jazz.

Workshop ADAPT kali ini terbagi atas 3 macam kelas : Junior 1 (6-10thn), Junior 2 (11thn ++) dan Teachers.

ADAPT 2014 Collages

Brian Foley dan Faye Foley selalu memulai kelas dengan memerhatikan dan menyapa murid-murid yang sedang stretching. Semua kelas diset dalam high octane, membuat semua peserta bersemangat mengikuti, lalu keluar dari kelas with smiles on their faces.  The spirit is utterly contagious, baik dari pengajar pasangan Foley maupun dari peserta.

Di kelas, kita bisa lihat betapa pasangan Foley, selain sangat passionate di dance juga cinta mengajar. Setiap detail gerakan yang dilakukan murid tidak lepas dari pengamatan mereka. Mereka secara langsung  memperbaiki gerakan-gerakan murid yang salah.

Di waktu istirahat, kami bersyukur diberi kesempatan mewawancarai pasangan Foley yang masih sehat dan segar ini. Mereka sudah sudah bercucu loh dan cucunya ini yang sekarang menjalankan bisnis studio dance mereka. And they have a great sense of humor. “We’re somewhere between 60 and death”. Semoga pas Tim Njoged ketawa ngakak ga dianggap kurang ajar :p

Ketika ditanya kenapa masih mengajar sampai sekarang, Brian Foley menjawab “Kami memiliki passion untuk membantu para guru untuk mengajar dance lebih baik lagi. Itulah kenapa kami membuat syllabus ini, 35 tahun lalu, yang bisa digunakan oleh guru untuk membantu murid mencapai their best potential and do their own personal best”. Mereka tidak pernah menyebutkan menjadi best dancer, yang selalu mereka sebut adalah student’s best potential/personal best.

Selain program untuk murid, ADAPT juga menyediakan program bernama Teachers Training School, yang diperuntukkan bagi guru dance, supaya bisa mengajarkan ilmu yang bisa dipertanggung jawabkan. Karena guru tidak mungkin mengajarkan sembarang teknik kepada murid-murid yang orangtuanya sudah rela mengeluarkan uang tidak sedikit untuk memasukkan anaknya ke kelas dance. “The teachers need to be accountable” kata Brian Foley.

Inilah pendapat mereka mengenai perkembangan dance scene saat ini di seluruh dunia, “Evolusi dance dipengaruhi oleh evolusi musik. Jadi ketika musik berubah, style dance juga turut berubah. Namun, teknik dasar tidak akan pernah berubah”

“The dancers role is to speak, to tell a story with their body. And that takes technique, lines, sustainment, strength, power, structure, flexibility, that jazz dance gives you” Kami -yang juga kadang-kadang jadi dancer- mengamini statement ini. That’s why we love jazz dance.

Lalu tim Njoged cerita betapa beragamnya tari tradisional Indonesia, dan bahwa ballet, jazz dan kontemporer relatif sangat baru di Indonesia, inilah tanggapan mereka “I don’t think ADAPT should be a syllabus which comes in and takes away from wonderful natural culture of what Indonesian dance is. I want ADAPT to add more proficiency to the culture in Indonesian dances. If they’re training in ADAPT technique, the Indonesian styles in the dance companies might be even more beautiful and better. I’m talking about future, not tomorrow. You can’t take away the culture, you can only add to it”.

Apapun dance style kita, berlatih ballet atau jazz tidak akan merusak style kita (selama tidak vakum), tapi justru akan memperkuat dan mempertajam teknik style original kita. Inilah inti dari materi yang ditawarkan oleh ADAPT. “Keep adapting!” ujar Faye Foley.

Dan ini video hasil liputan seru Tim Njoged. Check it out!

Apabila tertarik untuk menerapkan ADAPT di studio dance anda, boleh email langsung ke adaptsyllabus@gmail.com.