#test #test

Indonesia's One Stop Dance Information Portal

Dancionary Vol 1

Di sini tim njoged.com akan mencoba mengulas istilah yang biasa digunakan di dunia tari. Kenapa nama artikelnya Dancionary, yah karena kami lagi kurang kreatif aja cari nama yang pas buat artikel Dance Dictionary hehehe.


Untuk edisi kali ini njoged.com akan mengambil istilah dari dunia ballet, yang ternyata bisa dipakai ketika teman-teman sedang berlatih koreografi atau ketika akan pentas.

1. Supporting Leg : Sebutan untuk kaki yang sedang menopang ketika tubuh melakukan urutan gerakan tertentu .

Contoh visual : Misal kita angkat kaki kanan,maka kaki kiri akan berfungsi sebagai supporting leg.

Supporting Leg

2. Working Leg : Sebutan untuk kaki yang sedang bergerak/beraksi ketika tubuh melakukan urutan aksi tertentu.

Contoh visual : Ketika kita angkat kaki kanan, maka kaki kanan disebut working leg.

Working Leg

3. Stage Direction : Berguna untuk menjelaskan blocking, bisa juga untuk transisi ketika menyusun koreografi tarian. Posisi dinomorkan dari 1 sampai 8. Ada dua macam stage direction yang dijadikan standar yaitu Cecchetti dan Russian. Lihat gambar untuk lebih jelasnya

Cecchetti Stage Direction

Russian Stage Direction

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin memang istilah-istilah ini dirasa tidak penting, tapi lebih seru loh kalau kita perkaya kamus kosa kata tari kita. Ini mempermudah komunikasi kita dengan penari yang lain. Instead of saying “kaki satunya ditekuk dikit, kaki satunya angkat perlahan-lahan” kan kita bisa dgn jelas bilang “supporting leg ditekuk sedikit, working leg kita angkat perlahan-lahan”. Atau pada cerita lain, para koreografer bisa mengarahkan penarinya dengan lebih gamblang seperti “setelah ini A,B,C akan melakukan transisi ke 8″, daripada bilang “setelah ini A,B,C akan melakukan transisi ke arah kanan”. Kanannya siapa?

Sekian Dancionary dari njoged.com. Semoga berguna. Tunggu artikel Dancionary part 2!!